Waspada Jika Tangan Kram dalam Waktu Lama, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

  • Bagikan
Ilustrasi tangan sering kram dalam waktu lama

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jangan sepelekan jika mengalami kram pada tangan, mulai dari lengan hingga ujung jari dalam waktu lama. Bisa jadi pertanda penyakit gangguan saraf.

Spesialis Saraf RS Ibnu Sina UMI, dr Achmad Harun Muchsin SpN Dipl of Pain menuturkan, keram pada lengan hingga ujung jari dalam waktu lama, misalnya dari pagi hingga siang patut diwaspadai.

Rasa kram atau kesemutan pada lengan hingga ujung-ujung jari bisa disebabkan karena kerusakan saraf atau dikenal sebagai neuropati. Penyebab neuropati bermacam-macam.

Penyebabnya bisa karena gangguan pembuluh darah, gangguan kekentalan darah, penyakit diabetes, kekurangan vitamin saraf, keracunan logam berat, saraf terjepit, trauma saraf, bahkan stres.

dr Achmad Harun Muchsin menyarankan agar tidak mencoba mendiagnosis sendiri tanda-tanda kram pada tangan dalam waktu lama.

“Sebaiknya ke dokter neurologis atau saraf untuk memastikan penyebab keluhannya agar mendapatkan terapi dan penanganan yang tepat,” kata dr Achmad Harun Muchsin. (mia/fajar)

  • Bagikan