Ukraina Klaim Berhasil Rebut 3 Wilayah dari Kekuasaan Rusia

  • Bagikan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukannya berhasil mengambil kembali 3 wilayah permukiman di selatan dan timur. (Gleb Garanich/Reuters)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukannya berhasil mengambil kembali 3 wilayah permukiman di selatan dan timur. Pernyataan itu menandai kemajuan dalam serangan balasan Ukraina yang dimulai pekan lalu.

Zelensky berterima kasih kepada pasukannya karena telah merebut 2 permukiman di selatan. Kemudian satu permukiman di timur. Zelensky tidak mengatakan dengan pasti di mana wilayah itu berada.

“Saya menerima laporan bagus pada pertemuan Minggu dari komandan militer dan kepala intelijen,” sebut Zelensky.

Zelensky lantas berterima kasih kepada pasukannya karena merebut kembali sebuah permukiman di wilayah Donetsk timur. Pasukan juga mengambil wilayah timur di arah Lysychansk-Siversk dan membebaskan dua permukiman di selatan.

Wakil Kepala Kantor Kepresidenan, Kyrylo Tymoshenko, sebelumnya mem-posting gambar tentara mengibarkan bendera Ukraina di atas sebuah desa. Ia sebut sebagai daerah selatan yang menjadi fokus utama serangan balasan yakni Vysokopillya, wilayah Kherson, Ukraina.

Terletak di utara semenanjung Krimea, yang diinvasi dan dicaplok Moskow pada Februari dan Maret 2014, wilayah Kherson direbut oleh pasukan Rusia di awal konflik saat ini. Lysychansk diklaim oleh separatis pro-Rusia di wilayah Luhansk pada awal Juli sebagai bagian dari pertempuran atas daerah pertambangan batu bara Donbas di Ukraina timur, yang juga mencakup Siversk. (JPC)

  • Bagikan